Melakukan koneksi WiFi point to point menggunakan antena NanoBridge M5

Dalam melakukan koneksi kita harus mempersiapkan barang barang yang akan diperlukan


Internet , Kabel LAN, Kabel power, PC, 2 Ujung Antena , Hub/Switch, 2 Splitter ADSL(POE), PC

Menghubungkan koneksi Wifi point to point

Pensettingan Antena Station

Langkah pertama pastikan PC sudah menyala, lalu pasangkan kabel Lan pada pc dan yang satunya pasangkan POE ke antena 1dan jangan lupa pasang juga kabepower ke POE yang sudah dialiri listrik, setelah itu pastikan IP pada antena tersebut diganti manual, ganti ipnya menjadi ip yang sudah tercantum pada produk antena tersebut.(jika perlu tambahkan dnsnya & gatewaynya) dan simpan atau klik ok. setelah itu buka browser lalu ketik ip antena tersebut misal kan 192.168.1.20 , lalu masuk ke log in tersebut tulis username dan paswordnya ubnt ubntdan isikan countrynya complimient test, dan centang pula I agreetermsnya .
Setelah itu masuk dalam tab System

lalu jika anda ingin mengganti nama device tersebut diganti sesuai yang anda inginkan, lalu ganti time zonenya seperti posisi sekarang berada diindonesia di ganti waktunya gmt +07.00 ,centang startup date, setelah itu klik kiri pada gambar yang bentuknya tabel (sesuaikan dengan tanggal sekarang) setelah itu klik change.

Setelah itu lanjut ke menu wireless


Dalam menu ini terdapat fitur wireless mode jadikan antena ini menjadi Station, setelah itu ganti SSID yang sesuai anda inginkan jika sebelumnya sudah diketahui mac addres dari antena 2 bisa di select lalu enablekan juga frequeny dan klikk edit untuk memilih frequensi

setelah itu tedapat juga fitur Security ganti keWEP centang juga Shared key dan tidaklupa ganti key type menjadi ASCII lalu klik change
lalu lanjutke menu



dalam menu ini terdapat fitu airMax setting ganti armax Prioritynya menjadi High dan tulisjuga airview portnya laluklik change.




Pensettingan Antena Acces Point
Setelah Mencabut kabel Lan yang sudah terpasang di Antena 1 melalui POE taruh atau pasangkan Lan tersebutke antena 2 yang pasti melalui POE 2 dan POE 2 ini sudah terhubung dengan listrik
Lalu, Buka browser tulis 192.168.1.20 lalu masuk ke log in tersebut tulis username dan paswordnya ubnt ubntdan isikan countrynya complimient test, dan centang pula I agreetermsnya .
Setelah itu masuk dalam tab system,



lalu jika anda ingin mengganti nama device tersebut diganti sesuai yang anda inginkan, lalu ganti time zonenya seperti posisi sekarang berada diindonesia di ganti waktunya gmt +07.00 ,centang startup date, setelah itu klik kiri pada gambar yang bentuknya tabel (sesuaikan dengan tanggal sekarang) setelah itu klik change.

lanjut ke menu wireless


pilih antena 2 ini menjadi akses point, aktifkan juga wdsnya, centang pula frequensi lisnya dan pilih chanellnya (klik edit)misalpilih 6070. isikan pula securitynya ganti WEP, centaang pula shred key, ganti jugakey type menjadi ASCII setelah itu tulis passwordnya, jika dkhususkan suatu computer dimasukan centang enable pada MAC ACL dan ganti allow klik juga ACL tambah kan mac addres pada station yang ingin terhubung lalu klik change klik change dan apply.

Setelah itu lanjut kemenu



centang enable pada airMax lalu isikan pula viewnya.jika sudah cabut kabel Lan dariPC dan pasangkan ke HUB atau Switch yang pastinya sudah tehubung dengan Internet lalu klik change dan apply.

Setelah itu pasangkan Lan 2 di PC anda dan sambungkan ke POE 1 setelah itu cekapakah anda sudah tehubung dengan internet jika sudah anda berarti telah memasang koneksi Wifi Point to Point dengan menggunakan Nano Bridge M5
unuk lebih lengkapnya kunjungi website berikut :

video

Post a Comment

Pembaca yang baik selalu meninggalkan "JEJAK" !!!!