Membuat Server VoIP dengan Virtualbox

Untuk membangun sebuah server VoIP deperlukan sebuah software tambahan yang bernama "asterisk" yang dapat di download di sini asterisk, tapi kali ini saya akan menggunakan OS berbasis CentOS yang bernama "TrixBox" mengapa menggunakan TrixBox ? selain karena konfigurasinya lebih mudah ( karena berbasis GUI ) trixbox juga telah dilengkapi dengan Asterisk dan FreePBX untuk konfigurasinya.

download TrixBox Di dini
Oke langsung saja kali ini saya akan menjelaskan langkah" menginstall server VoIP dengan TrixBox di Virtual Box.

Kenapa kok di VirtualBox ? karena kekurangan PC hehe, menurut saya jika kita bisa praktek di VirtualBox maka kita tidak akan kesulitan jika menggunakan PC sungguhan, karena di VirtualBox kita harus harus direpotkan dengan konfigurasi VirtualBox dan TrixBox ( 2 kali kerja ) :D

oke yang pertama kita buat dulu Virtual Machine Virtualbox

Klik "New" pada Virtualbox, kemudian akan muncul tampilan "Name and Operating system"
isikan secukupnya, kemudian klik "Next"

 kemudian isikan besarnya RAM
contoh (512 MB) klik Next

 Setting Virtual Harddisk ( lihat gambar )



 menentukan kapasitas harddisk virtual
Klik "Create"
 Klik "Setting" (icon Gear)

 Pada "Network" Pastikan Adapter 1 aktif dengan mode "Bridge" ke Lan Komputer asli
Klik "OK"

Memulai Instalasi TrixBox

Pilih virtual machine "TrixBox" yang tadi telah dibuat.
Kemudian klik "START"

Pilih file ISO dengan klik icon folder
klik "Start"
 Tampilan awal trixbox
tekan "Enter"

pilih layout keyboard, klik "OK"

Pilih time zone , klik "OK"

isikan password "ROOT" trixbox, klik "OK"

proses instalasi sedang berlangsung

proses instalasi sedang berlangsung

Jika proses instalasi telah selesai maka PC akan melakukan Restart

Bootmenu TrixBoX
klik "ENTER"

tampilan Login TrixBox
Isikan user "root" password (yang tadi di setting saat instalasi) 

kemudian untuk setting IP ketikkan
"system-config-network-tui"

pilih "edit device"

pilih "eth0"

isikan IP address (sesuai jaringan masing-masing)
pilih "OK"

pilih "SAVE"

pilih "edit DNS configuration"

Isikan DNS ( sesuai dengan jaringan )
pilih "OK"

pilih "save&quit"

setelah itu di CLI ketikkan perintah berikut
"/etc/init.d/network restart"

ketikkan "ifconfig"

Untuk mengakses TrixBox buka alamat "http://iptrixbox" di web browser PC klien ( pastikan 1 jaringan dengan trixbox )
tampilan user TrixBoX

untuk masuk ke menu admin klik menu "switch" di pojok kanan atas halaman

kemudian akan dimintai password
username : maint
Password : password


halaman administrator TrixBox

Untuk cara setting TrixBox
                    - setting user
                    - setting nomor telepon
                    - setting klien
                    - setting lain-lain
akan saya posting besok, jadi jangan lupa ikuti terus artikel di blog ini :D

29 komentar

gunanya buat apa itu gan?

Reply

singkat cerita itu buat telepon atau video call (bisa melalui HP,Laptop, PC) melalui IP (jaringan komputer ) secara gratis selama masih dalam 1 jaringan

Reply

jangan lupa :cendol nya gan

Reply

Makasih gan :D

Reply

di tunggu lanjutanya gan

Reply

permi mas gan,,saya mau membuat sebuah web voip saya sendiri apakah bisa diintegrasikan dengan server voip ini?

Reply

lanjutannya udah diposting belum gan??
hehe masih penasaran nih...

Reply

Maksudnya bikin web gui sendiri?
Kayanyasih bisa bisa saja, silakan googling tentang "asterisk" :D

Reply

Maaf Gan, masih jadi draf :D
Soalnya ane masih ada kesibukan di dunia nyata, maaf gan kalau bikin penasaran :D

Reply

lanjutannya belum ada gan?? :)

Reply

setting agar bisa PSTN gimana gan?

Reply

Gun cara download TriBox nya gimana bingung

Reply

mas, mau nanya, saya udah install trixbox pada virtual box, 3 laptop sudah saling terhubung pake jaringan wlan, nah pas saya mau buka web gui dari pc klien, kok gak bisa ya,? mohon dibantu mas, terima kasih

Reply

Kalau mau dipake sama PSTN, butuh yang namanya voip gateway gan

Reply

Sama kayak punya saya mas client bisa ping server(TricBox) tapi tidak bisa buka web nya itu kenpa

Reply

sama kayak saya client bisa ping tapi gak bisa buka web trixbox

Reply

sama kayak saya client bisa ping tapi gak bisa buka web trixbox

Reply

sama kayak saya client bisa ping tapi gak bisa buka web trixbox

Reply

Boleh saya tau pengaturan interface di virtualboxnya ? barangkali guest virtualbox memang tidak terhubung ke jaringan wlan

Reply

Boleh saya tau ini menggunakan virtualbox/semacamnya atau pake komputer beneran?

Reply

ijin ambil ilmunya gan .... dan lanjutanya segera di posting
.
#masih_penasaran

Reply

Kalau antar kota bisa tidak boss?

Reply

Bisa mas, asal terhubung dalam 1 jaringan, bisa pakai ip publik atau vpn

Reply

Post a Comment

Pembaca yang baik selalu meninggalkan "JEJAK" !!!!