Mysql. Bind on unix socket: Permission denied

Hari ini tiba tiba Web Server + Data Center sekolah ane ngadat,ternyata masalahnya karena bebrapa hari ini sering terjadi pemadaman listrik. Walaupun ada UPS nya kan juga cukup buat 30 menitan,dan akhirnya server tetap mati secara abnormal karena nggak ada yang matiin. Dan akhirnya ane baru tahu hari ini kalau server tersebut ngadat,pada bagian database nya. ngadat kenapa ?


Sedikit penjelasan dari ane (mohon maap kalau salah ya), setiap proses di linux akan membuat file lock yang berguna untuk mencegah eksekusi ganda pada suatu perintah,misalnya ane update lewat marketplace/dashboard maka ketika ane mau update dari CLI secara bersamaan akan muncul peringatan berikut

ini terjadi karena aplikasi YUM sedang dijalankan dan telah membuat file lock di " /var/run/yum.pid" jika proses update telah selesai maka file ini akan dihapus.

Masalah yang ane alami hari ini yaitu MySQL nggak bisa distart dan error codenya Mysql. Bind on unix socket: Permission denied (ane lupa lupa ingat soalnya lupa nggak di screenshoot)
setelah ditelusuri ternyata sumber permasalahanya ada di file "/var/lib/mysql/mysql.sock" yang merupakan file lock dari MySQL. Loh gimana bisa kan MySQL nya nggak jalan,kok bisa ada file lock-nya ? :o Mungkin ini terjadi karena server sering mati secara abnormal yang menyebabkan proses MySQL tidak berhenti secara sempurna dan masih meninggalkan file lock-nya. Karena file lock-nya masih ada,waktu ane start MySQL dia (MySQL) nggak mau soalnya dipikir dia udah jalan karena adanya file lock ( "/var/lib/mysql/mysql.sock") tadi. Lha terus gimana ngatasinya ?

Simple,ente cuma perlu delete file lock yang salah tadi terus start MySQL. Atau lebih jelasnya gini :

1. Delete file lock MySQL
# rm /var/lib/mysql/mysql.sock
2. Stop proses MySQL yang udah jalan (buat jaga-jaga)
# service mysqld stop
3. Ganti hak akses dari directori /var/lib/mysql (buat jagajaga juga)
# chown -R mysql:root /var/lib/mysql
4. Start service MySQL
# service mysqld start

Jika tulisannya "OK" berarti MySQL sudah berjalan,untuk mengeceknya bisa gunakan CLI maupun PHPMYADMIN.

Sekian curhatan dari ane,kalau lebih ente ambil aja kelebihannya tapi kalau kurang ente ikhlasin aja ya :D



Saran ane : Kalau server ente emang buat produksi dan harus nyala 24/7 maka ane saranin

BELI UPS YANG BAGUS...

Post a Comment

Pembaca yang baik selalu meninggalkan "JEJAK" !!!!