Apa itu Microsoft Azure?


Pertama kali mendengar Microsoft Azure, saya pikir ia adalah salah satu sistem operasi desktop baru dari Microsoft, seperti Microsoft Windows 7, 8 atau 10. Namun, ternyata Microsoft Azure bukanlah sebuah sistem operasi tetapi adalah sebuah layanan cloud yang disediakan oleh Microsoft guna membantu developer untuk membangun aplikasinya maupun untuk pelaku bisnis yang memerlukan berbagai service cloud. Teknologi ini dapat dikatakan sebuah bentuk implementasi dari Platform as a Service (PaaS) cloud computing. Teknologi ini memungkinkan kita untuk membangun sebuah aplikasi melalui cloud, baik berupa teknologi web, cloud service,  maupun aplikasi-aplikasi yang berjalan di atas virtual machine.
Salah satu keunggulan Microsoft Azure ialah bersifat multi platform. Microsoft Azure dapat menjalankan aplikasi dari berbagai jenis teknologi dan platform, diantaranya adalah .NET (sebagai teknologi dari Microsoft), JAVA, dan juga PHP. Microsoft Azure juga menyediakan Ubuntu server di layanan virtual machinenya.

Beberapa layanan utama dari Windows Azure ialah:

1. Web Sites (Web Hosting): Ialah sebuah layanan hosting yang digunakan untuk meletakkan website yang telah kalian buat. Pada layanan ini kalian dapat meningkatkan maupun menurunkan spesifikasinya sesuai kebutuhan.

2. Virtual Machine: Layanan yang menyediakan virtual machine berbasis Windows Server atau Linux di datacenter Microsoft.

3. Cloud Service: Layanan ini adalah layanan cloud server dimana kamu bisa mendeploy dan menjalankan berbagai aplikasi web dengan teknologi cloud.

4. Mobile Service: Layanan ini menyediakan infrastruktur cloud untuk mengembangkan aplikasi mobile seperti aplikasi Windows Phone, iOS, dan HTML/JavaScript.

Microsoft azure juga menyediakan layanan Data Services, seperti: Storage, SQL Database, SQL Reporting, HDInsight, Backup, dan Recovery Manager.

Sehingga dengan adanya Microsoft Azure ini, para developer dapat dengan leluasa mengembangkan aplikasinya tanpa khawatir ketergantungan salah satu platform.

Microsoft Azure dapat diperoleh secara gratis dengan menggunakan akun Microsoft DreamSpark (yang telah saya bahas pada posting sebelumnya), untuk mendapatkan Microsoft Azure secara gratis akan saya bahas di posting selanjutnya, jadi jangan ke mana mana.


Sumber : http://winpoin.com/apa-itu-windows-azure/

3 komentar

This comment has been removed by a blog administrator.

aku lagi ada tugani, info ini sangat membantu makasih, izin opy yah..
\

Reply

Post a Comment

Pembaca yang baik selalu meninggalkan "JEJAK" !!!!