Penjelasan sudo dan su

Su adalah super user dan dikhususkan untuk anakan debian dan perintah ini termaksuk perintah command-line. Dengan menggunakan perintah ini, user dapat beralih dari user biasa ke mode administrator (root).

Sudo adalah program yang terdapat di Linux yang digunakan untuk menjalankan perintah yang membutuhkan akses dari akun root. Sudo hanya dapat digunakan oleh user yang sudah terdaftar di file /etc/sudoers. Pada saat dijalankan, sudo akan meminta password user yang menjalankan sudo tersebut, tetapi bisa juga dibuat untuk meminta password root atau tanpa password sama sekali. Secara default password yang dimasukkan tadi akan disimpan selama 15 menit, dan 15 menit ke depan anda akan diminta memasukan password lagi.

Sudo-su adalah sebuah perintah dalam command-line Linux. Apabila kalian memiliki akses root, maka sudo akan melakukan perintah sebagai superuser  "sudo su" memberikan kewenangan agar user biasa dapat bertingkah seperti super user (sudo -> super user do) sehingga user biasa pun dapat leluasa "menguasai sistem".   dan perintah ini berlaku sampai kita yang menutup terminal, tidak seperti perintah pada sudo. Dan perintah ini secara default tersedia untuk ubuntu dan perintah ini universal maksudnya perintah ini umum dalam mencakup perintah dalam terminal dan kita akan lihat perbedan kedua tampilan perintah tersebut.

Post a Comment

Pembaca yang baik selalu meninggalkan "JEJAK" !!!!