Cara install Loopback adapter di windows 7


       Apa sih yang di namakan Loopback Adapter itu? loopback adapater adalah sebuah virtual Network Adapter “klo biasanya sistem operasi yang di virtualkan kali ini network adapternya yang di virtualkan” , jadi intinya memvirtualkan Nework adapter, membuat komputer yang sebenarnya standalone seperti sedang terkoneksi ke jaringan/switch atau juga komputer yang lain (network dalam keadaan connected) . Loopback adapter bisanya di gunakan untuk menghubungkan antara sistem operasi yang sedang runing dengan  sistem operasi yang ada di virtual machine (Virtualbox,VMware) selain itu berguna untuk menginstall aplikasi-aplikasi yang mewajibkan Netowrk dalam keadaan connected (IP up) salah satunya pada saat instalasi Active Directory pada Windows server.

Selain menggunakan Loopback Adapter bawaan dari system operasi keluarga windows kita juga bisa membut sendiri loopback adapter (hardware) dengan menggunakan jack RJ 45 dengan menghubungkan kabel 1 dengan kabel 3 dan kabel 2 dengan kabel 6. dimana kabel 1 dan 2 merupakan transceiver pemancar sinyal dan kabel 3 dan 6 sebagai Receiver yang merupakan penerima sinyal.

Ok kita lanjutkan untuk membuat Loopback adapter pada Windows 7,langkahnya cukup mudah (hanya dalam 2 menit kita sudah bisa membuat loopback adapter). Untuk lebih jelasnya silakan lihat video bisu di bawah ini :D

Post a Comment

Pembaca yang baik selalu meninggalkan "JEJAK" !!!!