Mengatasi Authentication token manipulation error

Selamat datang di blog sederhana ini, kali ini saya akan berbagi pengalaman saya ketika coba me recovery password pada Ubuntu 14.04,hari ini saya membuka VM lama yang berisikan instalasi BBB (Big Blue Button) karena sudah lama tidak membukanya, maka saat VM saya nyalakan sempat keluar banyak debu, hehehe. Tapi bukan itu masalahnya, ketika ingin masuk ke ubuntu, saya lupa password  karena secara default ubuntu tidak memberikan password untuk root dan kebetulan saya juga belum memberikannya, maka saya langsung masuk ke mode recovery seperti pada tulisan saya di sini : Mengatasi Lupa password di ubuntu. Namun saya mengalami masalah saat mengganti password seperti pada gambar di bawah ini
Authentication token manipulation error
Authentication token manipulation error
usut punya usut, ternyata itu terjadi karena filesystem di mount dengan mode read only, jadi kita tidak bisa membuat perubahan pada system.
Q : Kok bisa tau filesystem dimount secara read only?
A : Untuk mengetahuinya mudah saja, dapat menggunakan bash script berikut ini : 
[ -w / ] && echo "rw" || echo "ro"
NB : / = filesystem (root)
jika outputnya "ro" berarti filesystem tersebut bersifat read-only sedangkan rw berarti read-write
Mengatasi Authentication token manipulation error
hasil di atas (ro) menunjukkan bahwa filesystem masih bersifat read-only

untuk mengubah ke mode read-write dapat menggunakan perintah mount seperti di ini :
# mount -rw -o remount /
NB : / = filesystem (root)

kemudian cek apakah sudah read-write atau belum
Mengatasi Authentication token manipulation error
Filesystem telah menjadi read-write

kemudian ganti password seperti biasanya
Mengatasi Authentication token manipulation error
Password berhasil diubah

Sekian, semoga bermanfaat.

2 komentar

Post a Comment

Pembaca yang baik selalu meninggalkan "JEJAK" !!!!